Monday, October 7, 2024

Tips Ciptakan Rumah Nyaman dan Aman bersama Schneider Electric

Memiliki rumah adalah impian setiap orang, tapi rumah seperti apa yang bisa menjadi tempat berlindung yang sempurna? Kalau saya perhatikan, banyak orang lebih mengutamakan keindahan rumah saat punya rumah. Sehingga sebisa mungkin mendisain rumah sesuai impiannya. 

Tips Ciptakan Rumah Nyaman dan Aman


Bagi saya, rumah itu harus nyaman karena hampir 24 jam setiap hari selalu di rumah. Pekerjaan saya sebagai penulis dan blogger lebih banyak dikerjakan di rumah. Sebagai orangtua, saya juga berusaha menciptakan rumah yang nyaman dan aman untuk keluarga agar mereka selalu ingat pulang dan tak sabar untuk pulang ke rumah. 

Untuk mendapatkan informasi tips menciptakan rumah yang nyaman dan aman, tanggal 2 Oktober 2024 bertempat di hotel Alila Jakarta, saya menghadiri Innovation Talk Schneider Electric dan Kumpulan Emak Blogger yang menghadirkan narasumber sebagai berikut: 

M. Farhan Lucky, Business Vice President Home and Distribution Schneider Electric. 

Ranu Scarvia RF, M.Sn, HDII.

Nana Mirdad dan Andrew White, pasangan selebriti. 

Innovation Talk Schneider Electric


M. Farhan Lucky memaparkan maksud dan tujuan diadakannya Innovation Talk ini yaitu dalam rangka kampanye rumah nyaman listrik aman dari Schneider Electric. Saat ini rumah kita bukan sekadar nyaman dan indah, tetapi juga harus aman dari bahaya. Salah satunya adalah bahaya listrik. 

Ada dua fakta yang melandasi kampanye ini yaitu: 

Tren hunian yang tidak lepas dari dua hal yaitu pemilik rumah yang mengedepankan karakter personalnya dalam menentukan disain rumah dan gaya hidup serba listrik. Semua peralatan di rumah kita sebagian besar menggunakan tenaga listrik. Kedua hal ini berkaitan dengan keindahan dan keamanan listrik. Jika dikombinasikan akan mempengaruhi kenyamanan penghuni rumah. 

Data dari dinas Gulkarmat, 30% kasus kebakaran disebabkan bangunan dan 50% dari listrik. Itulah mengapa Schneider Electric perlu mengedukasi masyarakat untuk menciptakan hunian yang indah dan memperhatikan aspek keamanan listrik. Kampanye ini dimaksudkan untuk berbagi tren dan edukasi proteksi bahaya listrik.


Tips Ciptakan Rumah Nyaman dan Aman  

Berikut ini tips ciptakan rumah nyaman dan aman berdasarkan pemaparan narasumber di acara ini: 

Ciptakan Keindahan Rumah dengan Sakelar AvatarOn 

Siapa yang tidak mau tinggal di rumah yang indah? Rumah yang indah pastinya sangat menyenangkan dipandang mata. Selain membuat nyaman penghuni rumah, juga akan menyenangkan tamu yang datang. 

Ranu Scarvia dari HDII DKI Jakarta membicarakan tentang tren hunian masa kini. Tren hunian tahun 2024-2025 terbentuk dari gaya hidup atau personalisasi tiap pengguna. Lifestyle kita sudah berubah. Pengguna hunian sudah berubah. Tren rumah tergantung pemilik rumah, tiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Misalnya, anggota keluarga muda mempunyai karakter rumah yang berbeda. 

Ruangan AvatarOn


Untuk membangun rumah sekarang sudah memperhatikan pemilihan material bangunan, penggunaan cahaya dan listrik, dan ruangan yang multifungsi dan bisa dijangkau dengan cepat. Para penghuni rumah tentunya ingin ruangan itu sesuai dengan personalisasi masing-masing. Ternyata sakelar listrik bisa menambah keindahan rumah dan mewujudkan personalisasi penghuni rumah. 

Schneider Electric memiliki produk sakelar yang bisa dipersonalisasi yaitu AvatarOn. Sakelar ini menggunakan teknologi Slim Rocker, Sure Click. Kover sakelar ini bisa diganti dengan motif dan warna sesuai keinginan penghuni rumah. Bisa berbentuk lukisan maupun foto keluarga. Bentuknya slim, karena berdasarkan data penjualan terbanyak, konsumen memang menyukai model sakelar yang ramping. 

Sakelar AvatarOn Schneider Electric


Pemasangannya juga mudah dan bisa meminimalkan risiko terjadinya percikan api. Memiliki cahaya LED yang lembut dan berfungsi sebagai locator saat gelap. Sakelar AvatarOn ini telah memenangkan iF Desain Award 2017. Selain sebagai sakelar, juga bisa digunakan sebagai tempat gantungan kunci dan socket USB. 

Tingkatkan Keamanan Rumah dari Bahaya Listrik 

Rumah adalah tempat berlindung, sehingga rumah harus aman. Kita biasanya berpikir bahwa rumah yang aman itu bisa melindungi dari pencuri dan perampok. Sehingga seringkali lebih berfokus pada keamanan pintu rumah. Akan tetapi, jangan lupakan bahwa rumah juga harus dilindungi dari bahaya listrik. 

Saat ini hampir semua peralatan di rumah menggunakan energi listrik. Colokan kabel ada di mana-mana. Bagi yang punya anak kecil, hati-hati dengan colokan kabel yang aktif itu. Anak kecil bisa tersetrum. Kemudian bagi yang rumahnya ada di lokasi sering terjadi pemadaman listrik, pasti kesal kan kalau peralatan elektroniknya cepat rusak karena sering mati listrik.

Bahaya listrik yang terparah adalah kebakaran akibat korsleting. Di atas sudah disebutkan data Dinas Gukarmat DKI Jakarta mengenai 50% kasus kebakaran pada tahun 2023 disebabkan oleh listrik. Itulah mengapa setiap rumah harus melakukan proteksi instalasi listrik. Beberapa peralatan kelistrikan dari Schneider Electric ternyata bermanfaat untuk melindungi bahaya listrik. 

Apa saja? Diantaranya adalah MCB (Miniatur Circuit Breaker) yang melindungi dari beban berlebih dan korsleting, RCBO (Residual Current Circuit Breaker) sebagai anti setrum, SPD (Sure Protective Device) melindungi peralatan elektronik dari induksi petir, RCBO (Residual Current Circuit Breaker with Overcurrent Protection) untuk melindungi dari beban berlebih, anti korslet, dan anti setrum. 

Alat Listrik Schneider


RCCB RCBO Schneider


Untuk pemasangannya harus berkonsultasi dengan teknisi listrik yang berpengalaman dan rutin dilakukan pemeriksaan setiap tiga bulan sekali. Beli produk yang asli di toko yang ditunjuk karena berhubungan dengan keselamatan.

Selaraskan Keinginan Semua Penghuni Rumah 

Kali ini giliran Andrew White dan Nana Mirdad berbagi tips rumah nyaman dan aman yaitu dengan menyelaraskan keinginan semua penghuni rumah terhadap rumah tersebut. Setiap kepala pasti beda isi. Tantangan suami istri agar satu suara dalam mendesain rumah. 

Nana dan Andrew suka rumah yang membaur dengan alam dan comfortable. Memiliki banyak cahaya alami dan plafon tinggi. Sebab mereka ingin begitu sampai ke rumah bisa mengembalikan energi yang hilang. Agar suami istri bisa selaras dalam mendesain rumah, maka pastikan kedekatan dengan pasangan. 

Seperti yang kita ketahui, Nana dan Andrew ini pasangan yang kompak. Jadi sudah tentu mereka bisa menyelaraskan keinginan dalam mendesain rumahnya. Saran lainnya, pilih material bangunan harus pintar sesuai dengan budget yang dimiliki. Pemilihan dari pemainan lighting juga menjadi poin utama karena menentukan ambience yang berbeda. 

Bagi Nana, keamanan rumah sangat penting apalagi kalau ada anak kecil. Harus dibicarakan dengan ahlinya seperti tukang listrik. Gunakan produk kelistrikan yang sudah terbukti kualitasnya seperti Schneider Electric yang sudah 38 tahun berdiri ini. 

Kalau punya kendaraan listrik, sekarang juga sudah tidak bingung lagi deh mengisi dayanya. Schneider Electric memiliki Schneider Charge untuk mengisi daya kendaraan listrik. Instalasinya mudah dan visibilitas penggunaan listriknya bisa dipantau melalui Monta App. 

Charging Schneider Electric


Untuk informasi lebih lanjut mengenai Schneider Electric bisa kunjungi website https://www.se.com/id/id/ dan e-commerce resminya di Tokopedia https://tokopedia.link/5RU93XVGtNb.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...