Tuesday, September 17, 2024

Makan Berdelapan Cuma 500 Ribu di RM Mangga

Beberapa waktu lalu saya silaturahim ke rumah adik ipar ke Cikalong. Setelah menginap semalam, paginya kami diajak ke Pantai Bali 2 Indramayu yang jaraknya 2 jam perjalanan dari Cikalong. Meskipun perjalanannya lancar, rasanya kok jauh ya. Itu pertama kalinya kami ke Indramayu dan sepanjang jalan memang banyak pohon mangga. 

RM Mangga Indramayu



Pulang dari Pantai Bali 2 yang sudah saya ceritakan di artikel Pantai Bali 2 Balongan Indah Indramayu, kami pun mencari tempat untuk makan siang. Tibalah kami di RM Mangga dengan simbol mangga sesuai ciri khas Kota Indramayu. Mangga Indramayu itu favorit suami saya, karena tidak terlalu manis. 

Rumah Makan Mangga Indramayu


Makan Berdelapan Cuma 500 ribu 


Rumah makan ini luas dan bersih. Sebagaimana rumah makan Sunda, ada tempat makan biasa, ada saung. Kami pun memilih makan di saung yang bagian bawahnya ada kolam ikannya. Eit, tapi dilarang membuang sampah makanan ke kolam ikan ya. Kalau mau memberi makan, harus beli makanan ikannya lagi. 

Iya sih, soalnya kalau dikasih makanan sisa pasti nanti kolamnya jadi kotor. Sembari menunggu pesanan makanan datang, anak-anak mencelupkan kaki ke kolam ikan terapi. Ikan-ikan ini akan menggigit kaki yang masuk ke kolam. Gigitan kecil dan nggak berbahaya kok. Cukup lama juga anak-anak di kolam itu. Padahal di belakang mereka ada tempat main anak juga, tapi karena sudah besar-besar jadi nggak mau. 

Fasilitas RM Mangga


Saya memesan menu paket keluarga plus satu porsi nasi goreng untuk Salim karena favoritnya nasi goreng dan tambahan nasi putih. Menu paketnya itu harganya Rp 500 ribu cukup untuk kami berdelapan. Malah lauknya masih sisa lho. Wuih, porsinya banyak juga ya. Sudah dapat nasi, lauk pauk, dan teh tawar. 

Apa saja menu yang ada di dalam piring bulat ini? 

Gurame Asam Manis 

Ikan guramenya ukuran besar yang disiram dengan saus asam manis. Enak banget khas restoran. Cukup lho untuk berdelapan. Ikannya garing dan saus asam manisnya juga sedap. Daging ikannya padat. 

Gurame Asam Manis



Udang Saus Padang 

Satu lagi menu yang juga favorit anak-anak dan langsung ludes nih, Udang Saus Padang. Creamy, gurih, dan pedas sausnya tapi bikin ketagihan. Udangnya juga ukurannya besar-besar. Puas deh ngunyahnya. 

Udang Saus Padang



Ayam Saus Mentega 

Belum cukup dengan Udang Saus Padang, ada la Bugi nih Ayam Saus Mentega. Ayamnya dibalut tepung krispy, lalu disiram dengan saus mentega. Asli gurih, sedikit manis, dan creamy juga. 

Ayam Saus Mentega



Jamur Saus Tiram 

Untuk sayurannya ada Jamur Saus Tiram. Tentunya jamur dengan potongan kecil-kecil ini diguyur saus tiram perpaduan asin dan manis. Anak-anak yang tidak suka sayur pun jadi suka lho. 

Jamur Saus Tiram


Capcay 

Sayuran lainnya adalah Capcay yang berisi aneka sayuran dari wortel, sawi putih, jagung mini, jamur, dan lain-lain. Rasanya juga gurih dan creamy. 

Capcay


Tempe Mendoan 

Untuk gorengannya, ada tempe mendoan nih yang ditemani sambal kecap. Isinya lumayan ada lima potong ukuran besar-besar jadi bisa dibagi-bagi deh. 

Puas sekali makannya. Malahan nyesel kenapa nambah nasi, karena nasi sebakul itu sudah cukup untuk bertujuh. Kan Salim makan nasi goreng. Jadi harusnya nggak usah nambah nasi putih lagi. 

Suasana di RM Mangga ini meskipun terlihat panas tapi nggak gerah. Ada hiburan juga dari rombongan yang booking restoran untuk reunian. Biarpun kumpulnya di dekat kami makan, tapi nggak mengganggu. 

Terakhir, ada toko oleh-olehnya di tempat kasir. Sebelum membayar menu makanannya, kami cari oleh-oleh dulu. Rata-rata terbuat dari mangga. Adik ipar pun membelikan saya sirup mangga asli nih, yang lebih kental dan berasa mangganya. Produk lokal Indramayu, bukan pabrikan. Masa kadaluwarsanya juga cepat karena nggak pakai pengawet. 

Kumpul Keluarga di RM Mangga




No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...