Wednesday, June 12, 2024

Ketahui Tren Ekonomi Syariah Melalui Sharia Knowledge Centre


Pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini berbanding lurus dengan minat masyarakat terhadap produk halal yang semakin meningkat. Dampak positif ini dirasakan dari berbagai sektor halal seperti pariwisata, kecantikan, kesehatan, perbankan, dan masih banyak lagi. Terbukti berdasarkan laporan Bank Indonesia, tahun 2024 ini terjadi tren positif  peningkatan pertumbuhan ekonomi syariah.


Tren Ekonomi Syariah


Diproyeksikan pertumbuhan ekonomi syariah ini antara 4,7 sampai 5,5 persen. Masyarakat diimbau untuk menerapkan gaya hidup sesuai syariah dari mulai mewajibkan sertifikat halal, pariwisata yang mendukung turis muslim, dan tentu saja semakin banyak inovasi dalam hal investasi, keuangan, dan pembiayaan yang sesuai syariah. 


Di tahun 2024 ini juga terjadi kenaikan peringkat pada kinerja ekonomi syariah berdasarkan The Global of Islamic Economic (SGIE). Indonesia berhasil menduduki peringkat ketiga. Pembiayaan ekonomi syariah tumbuh hingga 15,8 persen untuk sektor riil. 


Tren ekonomi syariah yang menunjukkan kenaikan positif itu berasal dari sektor-sektor seperti pertanian dan pariwisata dengan dukungan pembiayaan syariah. Pariwisata yang ramah untuk muslim telah tumbuh hingga 5,5 persen selama tahun 2023. Semakin banyak tempat wisata yang ramah muslim, semakin meningkat jumlah wisatawannya.


Industri keuangan syariah juga mengalami peningkatan di mana per Maret 2023 telah memiliki total aset hingga Rp 2.420 triliun. Jumlah yang luar biasa. Sektor FinTech Syariah ini telah meraih peringkat ketiga Global Islamic FinTech Index 2022. 


Pentingnya Literasi Ekonomi Syariah


Tentunya tren ekonomi syariah yang sudah positif ini, perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Dari survey yang dilakukan Bank Indonesia, pada tahun 2023 tingkat literasi ekonomi syariah meningkat dari 23,39 persen di tahun 2022 menjadi 28,01 persen. Terjadi peningkatan sebanyak 4,71 persen dalam waktu satu tahun. 


Literasi Ekonomi Syariah


Semua orang memiliki peran dalam meningkatkan pemahaman tentang ekonomi syariah. Penting untuk memperluas edukasi tentang ekonomi syariah salah satunya melalui seminar yang diadakan oleh lembaga keuangan syariah dan pihak terkait. 


Edukasi ekonomi syariah ini sangatlah penting saat kita ingin menerapkan ekonomi syariah dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja dalam memilih investasi yang sesuai syariah. Apakah kita sudah tahu investasi apa saja yang sesuai syariah? Apa saja prinsip investasi syariah, jenis-jenis investasi yang sesuai syariah, dan pertanyaan terkait investasi syariah lainnya. 


Sharia Knowledge Centre 

Untuk mengetahui tren ekonomi syariah, kita bisa berkunjung ke situs Sharia Knowledge Centre. Situs edukasi ekonomi syariah ini menyediakan beragam informasi dan pengetahuan mengenai tren ekonomi syariah melalui beberapa fiturnya, yaitu: 


Edukasi Ekonomi dan Keuangan Syariah 

Pada bagian ini kita bisa mendapatkan edukasi mengenai asuransi, ekonomi syariah, fikih muamalah, investasi syariah, perbankan, dan ZIAWAF berbentuk infografis dan video terkait edukasi seputar ekonomi syariah yang mudah dipahami. 


Artikel dan Berita Seputar Ekonomi Syariah 

Tren ekonomi syariah bisa diketahui melalui kumpulan berita dan artikel yang selalu diperbarui. Artikelnya memiliki informasi sangat lengkap dan dapat menambah wawasan mengenai ekonomi syariah. Contohnya artikel tentang Apa Itu Riba? Dasar Hukum, Jenis, dan Cara Menghindarinya yang bisa dibaca di sini.  


Regulasi dan Data 

Pada bagian ini kita bisa melihat kumpulan fatwa yang melandasi penerapan ekonomi syariah dan regulasi dasar hukum yang sudah dikeluarkan pemerintah untuk mendukung penerapannya. 


Penelitian dan Pengembangan 

Dalam menyempurnakan edukasi dan literasi mengenai ekonomi syariah, dibutuhkan penelitian dan pengembangan agar ditemukan metode yang tepat. Di dalam kategori Penelitian dan Pengembangan ini,  terdapat Roadmap Ekonomi Syariah yang disusun oleh lembaga-lembaga terkait seperti Bappenas, KNEKS, dan OJK. Selain itu, terdapat kumpulan informasi kajian ekonomi syariah yang sudah dilakukan oleh Kemenag, BAZNAS, OJK, BI, dan lembaga-lembaga lainnya untuk meningkatkan literasi keuangan syariah. 


Bincang Syariah 

Untuk meningkatkan literasi ekonomi syariah, Sharia Knowledge Centre memiliki kolom ”Bincang Syariah” yang berisikan video literasi ekonomi syariah dari para pakar. 


Sharia Knowledge Centre

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...